Wednesday, February 17, 2016

BUPATI MENGAJAK GEMAR MEMBACA



BUMIAYU TERSENYUM Menjadikan masyarakat Kabupaten Brebes yang gemar membaca, tidak semudah membalikan telapak tangan. Disamping budaya tutur yang sudah melekat, juga budaya menonton cenderung meningkat. Sehingga merenggut sebagian waktu yang dimiliki manusia Indonesia tak terkecuali bagai masyarakat Kabupaten Brebes.
“Gemar membaca, perlu digiatkan sejak dini yang artinya berpangkal pada kehidupan keluarga,” demikian kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat menyampaikan sambutan pembukan Pameran Buku Murah Kabupaten Brebes, di gedung KORPRI Jalan MT Haryono 29 Brebes, Selasa (2/2/16).
Ketika ada waktu luang, kata Idza, orang tua di rumah perlu meneladani dengan membaca dalam suatu ruangan tertentu. Otomatis, anak-anaknya akan meniru dan sama-sama membaca kemudian saling berdiskusi apa yang telah dibaca. “Ayah Saya juga rajin membaca sehingga sukses, dan saya juga menirunya sampai sekarang,” ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan, kalau Perpustakaan Daerah Brebes sudah bagus, hanya saja kurang luas dan belum representative. Untuk itu, perlu di bangun kembali Perpustakaan dan Arsip Daerah yang luas dan representative, nyaman, menyenangkan dan berstandar nasional. Sehingga masyarakat bisa menikmati perpustakaan dengan senang hati termasuk disediakannya area baca buat anak-anak.
Hal senada disampaikan Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah SP Andriani S SH kalau menumbuhkan minat baca masyarakat bukanlah pekerjaan mudah. Karena diperlukan inovasi, kreativitas, dan kesabaran bukan instan. “Ajaklah anak-anak berkunjung ke perpustakaan, pilihlah judul-judul buku yang kiranya anak-anak tertarik, ataupun kunjungi pameran,” ajaknya.
Dia juga menyambut baik upaya Pemkab Brebes menggelar Pameran Buku Murah Brebes 2016. Karena upaya ini bisa menjadi jalan peningkatan minat dan budaya baca masyarakat. Dengan membaca buku, akan menumbuhkan ide, gagasan, dan pengetahuan sehingga dapat mencerdaskan dirinya, lingkungan dan bangsa. “Dengan membaca buku pula, kita bisa menggapai asa,” tuturnya.
Stigma masyarakat, masih menganggap buku sangat mahal dan belum menjadi kebutuhan primer. Lewat pameran buku murah, akan terkikis stigma kalau buku itu mahal. “Akan lebih murah lagi, kalau kita pinjam buku diperpustakaan tidak perlu mengeluarkan biaya,” ungkitnya.
Kepala Kantor Data Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Brebes H Athoillah SE MSi menjelaskan, Pameran Buku Murah Tahun 2016 mengusung tema “Keabadian Ilmu dalam Buku dan Sebaik-baik Tempat Mencari Ilmu adalah Perpustakaan”.
Pameran diselenggarakan dengan maksud untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-338 Kabupaten Brebes Tahun 2016. Dan juga meningkatkan minat baca dan daya beli buku bagi pelajar, mahasiswa serta masyarakat di Kabupaten Brebes, meningkatkan jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah  Kabupaten Brebes dan sebagai sarana  ajang Kreativitas bagi anak, pelajar, mahasiswa dan masyarakat dalam mengekspresikan bakat seni dan budaya. 
Pameran digelar di tiga zona atau wilayah dapat mewakili wilayah Pantura, Tengah dan Selatan di Kabupaten Brebes. Yakni  Wilayah Brebes Utara pada 2-8 Februari 2016 di Gedung KORPRI Kabupaten Brebes    Jalan MT Haryono 29 Brebes.
Wilayah Brebes Tengah, pada 11-17 Februari 2016 Gedung Pertemuan KPRI Good Will Ketanggungan Jalan A Yani Ketanggungan Kabupaten Brebes. Dan Wilayah Brebes Selatan, pada 20-26 Februari 2016 Pendopo Eks Kawedanan Bumiayu,  Jalan Eks Kawedanan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.
Peserta Pameran, diikuti 28-40  Stand dari beberapa Unsur antara lain perwakilan Penerbit, Agen Buku, Toko Buku   dan para pemerhati Perpustakaan.
Juga digelar berbagai kegiatan pendukung, antara lain Pemutaran Film 3 Dimensi selama pameran berlangsung, Lomba Mewarnai dan menggambar, Lomba Karaoke Umum, Lomba Baca Puisi, Lomba Rebana, Lomba Pildacil, Lomba Fashionshow dan Lomba Tahfidzul Qur’an.
“Kepada juara lomba, mendapatkan hadiah Uang Pembinaan, Piagam dan Piala serta bagi pembeli buku yang beruntung akan mendapat hadiah doorprise, berupa Sepeda gunung, DVD,VCD, Kompor Gas, Kipas Angin Dispenser dll, yang akan diundi pada hari penutupan,” pungkas Athoillah.  (wasdiun)


0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com