Tuesday, April 21, 2015

Jalur Ciregol Dibuka Mulai Hari ini

Senin,  20 April 2015  −  09:23 WIB
Jalur Ciregol Dibuka Mulai Hari ini
IST
BREBES - Jalur Ciregol, Brebes, Jawa Tengah, yang ditutup total karena ambles pada Sabtu (11/4), akan dibuka kembali untuk dilalui kendaraan mulai hari ini. Untuk sementara hanya kendaraan kecil yang boleh melintas di jalan nasional penghubung Tegal-Purwokerto itu. 

Pantauan KORAN SINDO kemarin, penanganan darurat ruas jalan yang ambles sudah sampai pada tahap pengaspalan dengan hotmix . Satu lajur ruas jalan tampak sudah selesai diaspal. Sementara satu lajur lainnya masih proses pengaspalan oleh pekerja. ”Pengaspalan sudah mulai dilakukan sejak tadi malam jam 02.00,” kata petugas konsultan proyek Bina Marga, Awaludin, kemarin. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah V Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU dan Pera), Hedy Rahadian mengatakan, pengerjaan ruas jalan baru pengganti ruas jalan yang ambles terus dikebut. ”Jika cuaca mendukung, maka kita buka besok (hari ini),” kata Hedy. 

Pembukaan arus lalu lintas tersebut akan diperuntukkan lebih dulu untuk kendaraan kecil. Sementara kendaraankendaraan berat tetap masih harus dialihkan ke jalur lain. ”Nanti kita lihat perkembangannya, paling tidak kendaraan kecil. Kalau tidak ada hal-hal yang dikhawatirkan, ya semua (kendaraan),” ujarnya. 

Ruas jalan baru yang tengah dilakukan pengaspalan itu memiliki panjang sekitar 250 meter. Adapun lebarnya sekitar 7,5 meter. Pengaspalan dilakukan tiga lapis. ”Ini yang sudah dilakukan tahap pertama 16 sentimeter, nanti 20 sentimeter,” katanya. Hedy menambahkan, setelah dibuka untuk kendaraan, penanganan darurat akan dilanjutkan dengan memperbaiki tebing jalan yang ambles agar tidak sampai terjadi pergerakan tanah kembali. 

Sejauh ini penanganan yang dilakukan baru berupa penimbunan menggunakan material tanah dari pengepresan bukit. ”Kami prioritaskan ini (pembuatan ruas jalan baru) karena masyarakat agar tidak terbebani lalu lintas. Setelah ini kita stabilkan yang bagian bawah (tebing jalan),” katanya. 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo, juga memastikan Jalur Ciregol sudah bisa dilalui kendaraan hari ini. ”Besok (hari ini) Jalur Ciregol akan kembali dibuka untuk kendaraan,” kata Mayang saat dihubungi kemarin. 

Menurut informasi yang diterima Mayang, pembukaan Jalur Ciregol untuk kendaraan akan dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono. ”Informasinya pembukaan oleh Pak Menteri pukul 10.00 WIB,” kata Mayang. 

Mayang sebelumnya mengatakan, nanti saat dibuka pertama kali sejak mengalami ambles, kendaraan yang boleh lewat di Jalur Ciregol dibatasi hanya kendaraan pribadi, bus, dan truk, dengan dua sumbu pada pekan pertama. ”Untuk truk-truk lebih dari dua sumbu masih kami alihkan dulu sambil menunggu evaluasi setelah dibuka,” katanya. 

Saat dikonfirmasi terkait rencana kehadiran Menteri Basuki Hadi Muljono di Jalur Ciregol, Kepala Satuan Kerja Wilayah I Bina Marga Jawa Tengah Sumarjono membenarkan. ”Tapi Pak Menteri datang jam berapa kami belum dapat informasi pasti,” katanya, kemarin. 

Seperti diketahui, ruas jalan di Jalur Ciregol di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, yang menghubungkan Purwokerto- Tegal putus setelah tanahnya mengalami ambles, Sabtu (11/4) petang. Akibatnya, jalur utama itu ditutup total untuk kendaraan. Sebelum ambles, tanah sudah mulai mengalami pergerakan dan ambles sejak sekitar pukul 15.00 WIB. 

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan Bina Marga, panjang ruas jalan yang ambles itu mencapai 175 meter dengan kedalaman lebih dari 60 meter. Akibatnya, badan jalan hanya tersisa sekitar dua meter dan arus lalu lintas yang melewati jalur tersebut dialihkan karena jalan ditutup total. 

Agar dapat dilalui pada saat arus mudik Lebaran, Bina Marga melakukan penanganan darurat berupa pembuatan ruas jalan baru dengan mengepres bukit sepanjang sekitar 200 meter dan tinggi sekitar 17 meter di sisi jalan yang ambles. Pengepresan dilakukan sejak Minggu (12/4). 

Kendaraan, baik kendaraan barang maupun pribadi dari arah Brebes yang keluar dari exit Tol Pejagan dan hendak menuju ke jalur selatan, dialihkan melalui jalur Pantura. Sementara kendaraan dari arah Banyumas yang hendak menuju Jakarta dialihkan melalui Wangon-Cilacap- Tasikmalaya-Bandung. 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com